Membuat Blog Di Blogspot

Apa itu Blog?

  • Blog adalah kependekan dari Weblog, yang mana istilah ini digunakan pertama kali untuk untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara continue, yang berisikan website lain yang dianggap menarik yang disertai dengan komentar-komentar.
  • Blog kemudian berkembang sesuai dengan keinginan para Blogger (para pembuatnya). Blog yang awalnya merupakan catatan perjalanan seseorang di internet, yaitu link-link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik. Hal ini disebabkan karena para blogger biasanya tidak lupa untuk memberikan komentar-komentar yang cerdas, sehingga mereka dapat mengekspresikan pendapat-pendapat mereka pada link yang mereka buat.
  • Dari komentar-komentar tersebut kita dapat membaca tentang kehidupan serta kepribadian seorang Blogger. Topik-topik apa yang dia paling sukai dan link-link apa saja yang dia pilih.

Langkah-langkah Membuat Blog di Blogspot

Salah satu web penyedia blog gratis yang sering digunakan adalah blogspot atau blogger, ketika mendaftar adalah melalui situs blogger.com nama domain yang akan anda dapatkan adalah sub domain dari blogspot, contoh: contohweb.blogspot.com.

Mengapa harus membuat blog di blogger.com dan bukan pada situs penyedia layanan blog lainnya? Sebenarnya tidak ada keharusan untuk membuat blog di blogger, namun ada banyak kelebihan yang dimiliki blogger di banding dengan penyedia blog lain. Beberapa contoh kelebihan blogspot dibandingkan yang lain selain mudah dalam pengoperasian, mudah untuk mengganti dan mengedit template sehingga tampilan blog anda akan lebih bagus, custom domain atau anda dapat mengubah nama blog anda dengan nama domain sendiri misalkan contohweb.blogspot.com diubah menjadi contohweb.com, sedangkan hosting tetap menggunakan blogspot dan masih tetap gratis.

Perlu diketahui bahwa internet sifatnya sangat dinamis, sehingga memungkinkan dalam beberapa waktu kedepan panduan membuat blog di blogspot ini akan sedikit berbeda dengan apa yang anda lihat di blogger.com

Berikut cara membuat blogger di blogger.com

Membuat Email

Syarat utama yang harus dipenuhi dalam membuat blog adalah anda memiliki alamat email yang masih aktif atau di gunakan. Jika anda belum mempunyai alamat email, silahkan daftar terlebih dahulu di gmail karena blogger adalah salah satu layanan dari Google maka ketika mendaftar ke blogger sebaiknya gunakan email gmail.

Cara Mendaftar Blog di Blogger

  1. Anda harus masuk atau mengunjungi situs web http://www.blogger.com
  2. Setelah halaman pendaftaran terbuka, alihkan perhatian Anda ke sebelah kanan atas, ubah bahasa ke Indonesia agar lebih mudah untuk difahami.
  3. Klik CIPTAKAN BLOG ANDA
  4. Isi judul blog pada kolom isian untuk Judul Blog, kemudian isi alamat blog pada kolom isian Alamat blog (URL). Yang harus diingat dalam membuat alamat blog tolong difikirkan dengan sebenar-benarnya, karena alamat blog ini dibuat secara permanen. Kemudian anda cek alamat web yang anda buat dengan mengklik tulisan Cek Ketersediaan, jika alamat blog sudah tersedia maka klik LANJUTKAN.
  5. Silahkan anda pilih jenis template sesuak anda (template yang anda pilih dapat dirubah nantinya). Kemudian klik tombol LANJUTKAN.
  6. Setelah itu silahkan anda pilih MULAI BLOGING.
  7. Anda akan langsung masuk ke menu posting (anda sudah siap untuk memposting/mengetikkan artikel-artikel anda.
  8. Selesai
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.

Tinggalkan Pesan

Silakan berikan komentar anda:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.